Langsung ke konten utama

CHANGE TO GREAT

Perubahan itu perlu ! Jika kita tidak mau melakukan perubahan, maka kita akan dipaksa oleh perubahan untuk mengikutinya. Perubahan adalah keniscayaan dalam kehidupan. Perubahan adalah sebuah kepastian dalam kancah perburuan kesuksesan disetiap lini kehidupan. Dan perubahan merupakan embrio perbaikan secara terus menerus tanpa henti dan berkesudahan. Terkadang, perubahan memang sedikit harus dipaksakan diawal. Sebab, sudah menjadi ciri khas manusia yang cenderung enggan untuk berubah, lebih menyukai kenyamanan dan kondisi dimana mereka rasakan sebagai keadaan yang mereka harapkan selama ini.
Jika kita mengharapkan kehidupan yang tidak “begini-begini saja”, tidak mengalir apa adanya maka mau tidak mau, suka ataupun tidak suka kita harus bergerak untuk berubah. Perubahan yang dimaksudkan tentunya adalah perubahan yang meningkatkan kebaikan, tidak hanya sekali ini saja akan tetapi secara terus menerus dan berkelanjutan tanpa henti. Bukankah, Hakikat kehidupan sesungguhnya adalah pergerakan secara berkesinambungan ? terus menerus dan tak terhentikan ? Perubahan merupakan tuntutan akan adanya sebuah upaya peningkatan dari keadaan yang biasa-biasa saja menjadi jauh lebih baik dari pada sebelumnya dengan meningkatnya kebaikan sebagai tolok ukur. 
Hidup yang sedang kita jalani, sesungguhnya telah banyak mengajarkan kepada kita bagaimana perubahan mampu memenangkan persaingan antara kebaikan - keburukan, keberhasilan - kegagalan, kebenaran - kebathilan, keniscayaan - kegamangan dan lain sebagainya. Dan Alloh SWT pun telah memfirmankan dalam kitab sucinya bahwa Alloh SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri yang mengubahnya. Ini memiliki makna bahwa Alloh SWT memberikan kewenangan ikhtiar kepada hamba-NYA untuk melakukan perubahan dengan menjadikan Alloh SWT sebagai tempat sandaran utama akan hasil ikhtiar perubahan itu.
Perubahan adalah sebuah proses panjang dari ketidak mungkinan menjadi sebuah upaya yang memungkinkan adanya peningkatan dengan ikhtiar yang kita lakukan. Ketidak mungkinan itu sendiri sesungguhnya lebih sering disebabkan ketidak beranian kita didalam mencoba dan terus mencoba. Berubah seolah menjadi hal yang lumrah bagi mereka yang memiliki Visi dan Misi terarah untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya. Target-target pencapaian yang sudah dicanangkannya, seolah menjadi tantangan untuk pencapaian. Hidup yang dinamis sesungguhnya memudahkan kita untuk menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan.
Perubahan itu perlu dan penting bagi kelangsungan kehidupan. Lihat dan pelajarilah, bahwa pagi hari berubah berganti siang berlanjut siang pun berganti malam secara berkesinambungan lalu kembali pagi kembali beriringan sinar matahari yang memberikan keberkahan Sang Penguasa alam. Perubahan itu merupakan sebuah keharusan yang akan memberikan dampak bagi kehidupan setiap insan. Alam raya sesungguhnya telah mengajarkan sebuah perubahan yang signifikan bagi kelangsungan peradaban. Manusia mampu bertahan dari berbagai keadaan sesungguhnya sebab Tuhan telah membekalinya dengan kemampuan dalam beradabtasi atau perubahan. Perubahan sesungguhnya merupakan keberkahan yang dianugerahkan oleh Tuhan sebagai sebuah keniscayaan.
Tips ringan berikut ini akan membantu anda untuk melakukan perubahan secara berkesinambungan dan berorientasi pada kemanfaatan,
A. KENALI ALASAN HARUS BERUBAH
Perubahan memang harus memiliki sebuah alasan yang jelas dan tegas. Hal ini bisa menjadi sebuah motivasi tinggi mengapa kita harus melakukan perubahan. Alasan konkrit yang kita pahami akan sedikit banyak mendorong kita untuk melakukan perubahan dengan keikhlasan bukan paksaan yang hasil akhirnya cenderung tidak mengenakkan. Kenali mengapa anda harus berubah, sehingga anda akan memiliki niat dan semangat yang tinggi untuk berubah.
B. IBDA' BINAFSIK - MULAILAH DARI DIRI SENDIRI
Benar sekali, perubahan harus dimulai dari diri sendiri bukan menuntut orang lain untuk berubah. Perubahan dari diri sendiri diawali dari sikap dan pola pikir kita. Kita adalah apa yang kita fikirkan dan seperti apa sikap kita menghadapi setiap permasalahan kehidupan. Berfikir besarlah maka anda akan menjadi orang besar. Berkeyakinan bisa anda lakukanlah maka anda akan mampu melakukan dan menyelesaikan hal yang awalnya memiliki ketidak mungkinan.
C. MILIKI TUJUAN HIDUP YANG JELAS
Pertanyaan mendasar yang hingga saat ini jarang sekali bisa dijawab oleh setiap orang adalah setelah dewasa nanti anda akan menjadi apa ? Pertanyaan sederhana namun sulit menjawabnya bagi mereka yang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Jika anda tidak memiliki tujuan hidup yang jelas maka cobalah menjadikan agama sebagai patokan hidup yang jelas, mudah dan mampu mengantarkan kita pada nilai perubahan tertinggi dalam kehidupan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBANGUN KREATIFITAS

THINKERTOYS "Handbook" Permainan Berpikir para Pebisnis Kreatif. Mengoptimalkan sinergi otak kanan dan otak kiri . Thinkertoys merangsang setiap orang untuk mendapatkan ide baru. Thinkertoys merupakan teknik spesifik dan praktis yang dapat menghasilkan ide besar atau kecil: untuk menghasilkan uang, menyelesaikan masalah, memenangi persaingan, atau meningkatkan karier. Yang pasti, teknik-teknik ini akan membantu Anda memiliki ide untuk menghasilkan produk baru dan cara baru melakukan sesuatu. Thinkertoys ini … Mengubah setiap orang menjadi pemikir kreatif — CreativeMind Menunjukkan bagaimana melakukan hal yang dianggap tak mungkin — The Futurist Orkestra berpikir-kreatif dalam sebuah buku yang akan melejitkan imajinasi — Chicago Tribune Menunjukkan bagaimana mengembangkan imajinasi — Newsweek Akan mengubah cara berpikir — Wall Street Journal Salah satu buku bisnis terpenting dasawarsa ini — Women in Business Salah satu buku bisnis terbaik — majalah success Akan

MENENGOK LAGI BUNG HATTA

Suatu ketika, pada tahun 1950an, Bung Hatta ingin memiliki sepatu Bally—bila disebut Bung, niscaya orang akan berpaling kepada proklamator itu, bukan Hatta yang lain (baginya, panggilan Bung juga lebih egaliter dibandingkan dengan Bapak). Ini merek terkenal pada masa itu. Tapi, sekalipun ia wakil presiden negara ini, Bung Hatta baru sanggup menyimpan guntingan iklan sepatu yang memuat alamat penjualnya—ia harus menabung lebih dulu. Ia tak bisa menyuruh ajudan untuk langsung membeli sepatu itu. Tokoh ini memang memilih cara yang khas Hatta: berusaha membeli dengan uang hasil keringat sendiri. Usaha Bung Hatta untuk menyisihkan sebagian gaji sebagai wakil presiden tidak mudah terlaksana. Uang gaji terpakai untuk keperluan rumah tangga dan membantu orang-orang yang meminta pertolongan. Pendek cerita, hingga akhir hayatnya, Bung Hatta hanya mampu memiliki guntingan iklan sepatu Bally itu. Mengapa Bung Hatta tidak memasukkan item sepatu Bally ke dalam anggaran rumah

JANGAN LARI DARI MASALAH

Sumber Gambar : www.lssacademy.com Ah, masalah lagi, masalah lagi. Bosen ah ! Masih sering memiliki pemikiran demikian ? Hehe, .. pasti iyah. Hal yang ditakuti serta selalu ingin dijauhi oleh semua orang, ingin dihindari dan selalu dijadikan biang ketidak nyamanan dalam hidup. Yah, itulah masalah. Semua orang pasti akan mengalaminya, menemukannya dan menjumpainya disetiap waktu dan kesempatan, ya toh. Bener kan ? … halahhh, kayak apa saja.   Setiap hari masalah seolah menjadi santapan wajib bagi kita. Adakah yang tidak mempunyai masalah ? Atau adakah mereka yang terbebas dari masalah ? Ah, ya jelas tidak ada dong. Hidup itu kan terus bergerak, tanda adanya pergerakan itu adalah peningkatan baik secara pemikiran, ucapan maupun tindakan. Dan pergerakan itu muncul oleh karena adanya inovasi sebagai sebuah solusi. Nah lhoo, .Solusi buah dari Inovasi itu tidak akan hadir jika MASALAH tidak menyambangi kita. Jadi, justru Solusi itu bisa timbul jika masalah muncul. Logikanya, lha